INTERNAL BRANDING SMK TELKOM MALANG

INTERNAL BRANDING SMK TELKOM MALANG

1912061_10152307402461253_1881241236_o

 

PUBLIK INTERNAL: SISWA

Siswa dalam struktur instansi pendidikan khususnya sekolah, menempati bagian paling bawah. Meski demikian, justru siswa-lah yang menjadi sasaran terpenting Kegiatan Public Internal. Siswa juga adalah jumlah terbanyak dalam instansi tersebut, sehingga pemeliharannya tidak mungkin diabaikan begitu saja.

SMK Telkom melaksanakan aktivitas internal branding pada siswa-siswinya dengan ragam komponen internal branding, antara lain;

v  Penekanan sejak awal (sejak saat Masa Orientasi Sekolah) terkait semangat yang diusung sekolah : Attitude is everything.

Siswa baru dididik untuk selalu rapi dan disiplin dalam MOS

Siswa baru dididik untuk selalu rapi dan disiplin dalam MOS

v  Jenjang kesenioritasan antar siswa amat nampak dalam pola interaksinya, hal ini ditunjukkan melalui sikap tiap siswa yang memberikan respon tinggi ketika kakak kelas mengingatkan/menegur jika ada ketetapan sekolah yang dilanggar. Misalkan : Jika ada siswi mengenakan bawahan (rok) di atas lutut, maka dengan segera akan ada kakak kelas yang mengingatkan.

v  Dengan kentaranya kesenioritasan tersebut, justru tidak menjadikan adanya gap, tetapi justru memberikan aspek loyalitas dan kebersamaan secara bersamaan. Karena sejak Masa Orientasi Siswa (MOS), tiap-tiap angkatan sudah dididik dan diajarkan nilai-nilai kebersamaan dan kekompakan dengan teman se-angkatan.

Suasa MOS 2013

Suasa MOS 2013

v  Salah satu output kebersamaan tersebut ialah; secara umum tingkat partisipasi siswa tinggi dalam acara-acarainternal yang diselenggarakan sekolah. Terbukti, walaupun mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maupun organisasi bukanlah kewajiban bagi setiap siswa, namun siswa-siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi sesuai dengan minat dan bakat mereka.

v  Aspek loyalitas sebagai hasil internal branding yang tangible adalah : variasi seragam dengan desain yang menarik. Khusus hari Senin, ada kebanggan tersendiri bagi siswa secara umum ketika mengenakan seragam pada hari tersebut. Hal ini dikarenakan seragam pada hari itu menyerupai ekstrakurikuler unggulan di SMK Telkom, Paskibra dengan jas almamater khas SMK Telkom Malang. Selain itu, pada hari sabtu tiap-tiap angkatan akan mengenakan seragam khusus angkatan dengan warna berbeda untuk tiap angkatan. Perbedaan seragam ini juga bisa meningkatkan rasa bangga terhadap angkatan.

Paskibra SMK Telkom Malang dalam peresmian Telkom Schools

Paskibra SMK Telkom Malang dalam peresmian Telkom Schools

Suasana upacara kemerdekaan

Suasana upacara kemerdekaan

Siswa SMK Telkom Malang bangga dengan seragam dan jas almamater

Siswa SMK Telkom Malang bangga dengan seragam dan jas almamater

v  Acara-acara internal yang melibatkan siswa antara lain : Senam pagi pada hari Jum’at

v  Siswa juga ditokohkan menjadi sosok yang penting dalam operasional sekolah. Hal ini ditunjukkan dengan difungsikannya siswa sebagai petugas perpustakaan sekolah, mulai pembuatan barcode hingga pelayanan peminjaman, seluruhnya ditangani oleh siswa. Mereka yang difungsikan telah dibina secara khusus.

v  Jaringan antar siswa juga diperkuat dengan jaringan media sosial yang aktif. Alamat FB SMK Telkom Malang ini adalah : SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG. Alamat Twitter : @smktelkommalang. Alamat Web : smktelkom-mlg.sch.id.

1891430_10152300469156253_464648764_o

Penampilan Siswa Ekstrakurikuler Seni Musik Religi dalam Peresmian Telkom Schools

Guru dan Siswa SMK Telkom Malang saat diundang Mozilla di US

Guru dan Siswa SMK Telkom Malang saat diundang Mozilla di US

PUBLIK INTERNALGURU DAN KARYAWAN

Setiap guru memiliki cara berbeda dalam mendidik siswa di sekolah, namun bagaimanapun perbedaannya diharapkan tidak menyimpang pada visi misi sekolah. Salah satu kegiatan untuk menyamakan pandangan mengenai visi misi sekolah adalah dengan rapat evaluasi dan penyusunan program kerja yang biasanya diadakan pada tahun ajaran baru. SMK Telkom pun juga melakukan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pengajaran pada siswa. Tidak hanya dilkukan oleh guru, para karyawan juga diarahkan sesuai visi misi sekolah untuk bekerja dan melayani dengan baik. Dalam rapat selain membahas permasalahan internal sekolah, mungkin saja terdapat salah satu guru yang mengajukan sistem pembelajaran dari sekolah lain yang bisa diadopsi lebih efektif untuk mencapai visi misi. Sehingga rapat menjadi suatu wadah untuk perencanaan apa saja yang harus dilakukan demi mencapai visi misi sekolah.

Guru dan Karyawan SMK Telkom Malang pun harus berbaris rapi saat upacara

Guru dan Karyawan SMK Telkom Malang pun harus berbaris rapi saat upacara

Selain kegiatan formal yang dilakukan, SMK Telkom juga mengadakan kegiatan yang membuat kerekatan dalam menjaga hubungan baik antar guru dan karyawan. Misalnya saja rekreasi yang diadakan beberapa bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kedekatan emosional sebagai bentuk pola interaksi yang luwes dan tidak kaku. Kedekatan hubungan yang dibentuk, membuat guru dan karyawan merasa betah di lingkungan sekolah karena hal ini mudah sekali membangun komunikasi dua arah bagi seseorang yang memiliki masalah  untuk dicari solusinya dengan kekeluargaan. Dalam hal ini aktualisasi diri (tingkat ke 5 teori kebutuhan maslow) lebih dioptimalkan disamping kebutuhan gajih atau upah.

SMK Telkom juga mengadakan nominasi guru teladan sebagai motivasi kerja untuk guru lain. Guru teladan adalah guru yang setidaknya menjadi contoh bagi guru lain dalam menjalankan kinerjanya secara efektif dan berdampak positif bagi sekolah. Hal ini memungkinkan bagi setiap guru untuk bekerja dengan sebaik mungkin mengabdi pada sekolah. Persaingan sangat wajar terjadi atau terjadinya gab antara guru biasa dengan guru teladan. Namun inilah yang menjadi evaluasi diri bagi guru ataupun karyawan dalam dunia kerja pada instansi pendidikan.

Kegiatan internal formal maupun nonformal harus dilakuksan dengan proporsional dan konsisten. Mungkin saja terdapat suatu kegiatan internal yang menyimpang atau jauh dari indikasi keberhasilan. Oleh karena itu, perencanaan dan rasa tanggung jawab harus di perhatikan dengan baik. Sehingga pencapaian visi misi tidak hanya angan-angan belaka, program tidak hanya forma;itas semata.

Guru dan Karyawan SMK Telkom Malang berpose bersama dalam Peresmian Telkom Schools

Guru dan Karyawan SMK Telkom Malang berpose bersama dalam Peresmian Telkom Schools

 

PUBLIK INTERNALALUMNI

1898782_10152298952211253_1657540869_o

Dalam instansi pendidikan, alumni juga bagian dari public internal yang harus dijaga loyalitasnya. Loyalitas alumni terhadap suatu instansi pendidikan dapat memberikan manfaat bagi instansi itu sendiri. Contohnya, alumni yang sangat loyal dan bangga dengan almamaternya akan merekomendasikan almamater tersebut kepada sanak keluarga, teman, dan setiap orang yang ia temui. Alumni tersebut juga tidak akan segan memberikan bantuan pada sekolah dalam berbagai bentuk seperti materil, finansial, dan pelatihan. Serangkaian bantuan tersebut merupakan manfaat besar bagi almamater. Salah satu sekolah swasta yang menurut kami memiliki internal branding bagus di kalangan alumninya adalah SMK Telkom Malang.

SMK Telkom Malang (dulu SMK Telkom Sandhy Putra Malang) memang dikenal dengan ikatan alumninya yang kuat. Hal ini karena semua alumni SMK Telkom tergabung dalam mailing list WIKUSAMA. Wikusama sendiri merupakan ikatan alumni SMK Telkom yang menghubungkan seluruh alumni tanpa terkecuali. Wikusama dibentuk agar semua alumni SMK Telkom Malang dapat saling terhubung, berbagi informasi, dan menjaga hubungan sesama keluarga besar SMK Telkom Malang.

Wikusama Festival (WIKUFEST)

Wikusama Festival (WIKUFEST)

Salah satu usaha SMK Telkom untuk melakukan internal branding bisa kita lihat dari loyalitas para alumnus SMK Telkom yang masih berhubungan dalam milis & ikatan Wikusama. Hal ini membuktikan bahwa SMK Telkom cukup berhasil menanamkan loyalitas tinggi dan rasa bangga serta kekeluargaan yang erat terhadap entitasnya, termasuk alumni. Karena jarang sekali ada sekolah atau institusi yang memiliki ikatan alumni sekuat, selama, dan sebesar Wikusama (SMK Telkom). Selain itu, Ikatan Alumni Wikusama (IAW) juga menunjukkan betapa bangganya alumni SMK Telkom dengan almamater mereka.

Wikusama sendiri bisa diakses oleh semua alumni melalui website (wikusama.org)dan mailing list (milis). Wikusama menyediakan berbagai informasi mengenai lapangan pekerjaan, prestasi terbaru SMK Telkom Malang, dan info-info lain yang berguna dan memudahkan alumni SMK Telkom Malang. Karena pada dasarnya, siswa-siswi SMK Telkom Malang dididik untuk memiliki kesamaan rasa dan empati kepada teman.Sehingga kepedulian itulah yang menggerakkan alumni SMK Telkom Malang untuk membentuk suatu wadah yang bisa memberi kemudahan bagi alumni dalam mencari info lapangan kerja, bantuan, dan lain sebagainya.

Angkatan 17 dalam Pertemuan IAW Regional Jakarta

Angkatan 17 dalam Pertemuan IAW Regional Jakarta

Di website Wikusama juga tersedia informasi seputar aktivitas-aktivitas yang dilakukan seperti Wikusama Cup, Wikufest, mudik bareng Wikusama, dan lain sebagainya. Kami menyimpulkan bahwa alumni-alumni SMK Telkom Malang mampu meneruskan ajaran yang telah diberikan guru-guru untuk menjalin hubungan yang erat dan kuat antar sesama keluarga besar SMK Telkom Malang. Hal ini bisa dilihat dari beragamnya aktivitas yang dilakukan anggota Wikusama. Bagaimanapun mayoritas anggota Wikusama sudah bekerja atau bahkan berumahtangga. Mereka memiliki kesibukan masing-masing, namun mereka masih mau mengurus organisasi ini bahkan menyelenggarakan serangkaian acara yang mungkin menyita waktu, pikiran, dan

tenaga mereka. Hal ini membuktikan bahwa alumni SMK Telkom Malang memiliki iktikad kuat untuk mempererat jalinan komunikasi dan ikatan antar alumni.

Suasa WIKUFEST yang diisi oleh beberapa alumni SMK Telkom Malang

Suasa WIKUFEST yang diisi oleh beberapa alumni SMK Telkom Malang

Selain itu, para alumni juga masih mengikuti perkembangan berita dari SMK Telkom Malang meskipun mereka sudah lulus. Setiap alumni juga memberi dukungan pada junior-junior SMK Telkom Malang yang akan mengikuti perlombaan, akan menghadapi ujian, dan akan menjalankan program Prakerin. Dukungan yang diberikan pun bermacam-macam, seperti support melalui dunia maya, bantuan penyediaan fasilitas di tempat lomba, bantuan pencarian tempat Prakerin (Praktik Kerja Industri), dan lain sebagainya. Inilah salah satu bentuk loyalitas alumni SMK Telkom Malang. Hal ini juga tidak terlepas dari SMK Telkom Malang yang selalu setia menjalin komunikasi dengan alumninya dalam bentuk pembukuan data alumni agar mudah dihubungi, serta guru-guru yang masih menghafal alumni dari berbagai angkatan.

Bentuk loyalitas lain dari alumni bisa dilihat dari beberapa alumni yang bersedia mendedikasikan ilmunya dengan mengajar di SMK Telkom Malang. Meskipun alumni tersebut bisa meraih posisi tinggi di suatu perusahaan dengan gaji yang tinggi pula, namun mereka memilih mengabdi ke SMK Telkom Malang dan menularkan ilmu mereka kepada junior-junior mereka. Dedikasi lain juga diberikan oleh beberapa alumni yang sudah sukses dengan mengadakan Wikufest (Wikusama Festival). Dalam Wikufest ini biasanya beberapa alumni memberikan mini class dan mini seminar sesuai dengan keahlian mereka. Sehingga, adik-adik bisa belajar dan mengetahui kiat-kiat sukses dari seniornya.

Alumni SMK Telkom Malang yang sudah berkeluarga pun turut hadir

Alumni SMK Telkom Malang yang sudah berkeluarga pun turut hadir

Angkatan 18 Regional Jakarta

Angkatan 18 Regional Jakarta

Kesimpulannya, internal branding perlu dibangun untuk setiap elemen dalam sebuah instansi, termasuk alumni. Alumni dapat merekomendasikan sekolah kepada sanak keluarga mereka, teman, dan rekan kerja. Dengan demikian, nama instansi pendidikan juga akan semakin dikenal masyarakat, dan memudahkan proses word of mouth. Alumni yang telah berhasil juga bisa membantu sekolah dengan berbagai bentuk seperti penjelasan di atas. Inilah yang harus dicontoh oleh instansi-instansi pendidikan lain dari SMK Telkom Malang.

 

 

 

Advertisements

Posted on April 14, 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: